Rabu, 18 Mei 2011

BAHAYA PANCARAN RADIASI OLEH TELEPON GENGGAM

Di jaman sekarag ini perkembangan dan kemajuan teknologi terlihat sangat maju. Apalagi, dapat dikatakan menjadi makanan atau kebiasaan dalam aktivitas kita sehari-harinya. Salah satunya adalah perkembangan teknologi komunikasi dalam bidang mengirim dan menerima suatu informasi. Kebutuhan untuk menggunakan kemajuan dan perkembangan teknologi komunikasi pada jaman sekarang ini sudah dapat menjadi suatu kebutuhan yang pokok bagi kita yang hidup di style-era modern seperti sekarang ini yang sangat budaya modern sudah kuat mengakar dalam hidup kita sehari-hari.

Namun apakah kita yang menggunakan fasilitas yang modern tersebut tahu apa bahaya-dampak negatif dan positifnya bagi berlangsungnya kehidupan kita?? Kebanyakan orang, banyak yang hanya menggunakan tetapi tidak mengetahui apa dampaknya bagi hidupnya positif atau negatifkah dampak tersebut?? Sebenarya semua fasilitas yang tersedia dijaman sekarang ini cukup mempermudah aktifitas kita sehari-harinya. Tetapi, jika fasilitas tersebut tidak digunakan dengan baik pasti akan menimbulkan effect negatif pula bagi kehidupan kita.
Salah satu fasilitas teknologi yang patut kita pahami ialah Handphone (Telepon Genggam) yang sudak dapat dikatakan makanan sehari-hari shampir sebagian besar orang di indonesia ini, terutama pada kalangan remaja saat ini. Terlihat jelas, Handphone (telepon Genggam) sudah seperti sesuatu yang tak bisa lepas dari keseharian para remaja, malahan ada yang mengatakan bahwa Handphone adalah Belahan Jiwanya. Keadaan seperti ini sungguh sangat perlu kita cermati dalam kehidupan kita. Karena tidak selamanya penggunaan Handphone itu terus berdampak positif dalam hidup kita.
Tahukah anda?? Bahwa Handphone juga memancarkan radiasi pada tubuh kita yang cukup berbahya bagi kesehatan tubuh kita. Walaupun belum ada penelitian yang cukup tentang BAHAYA RADIASI HANDPHONE, tetapi pancaran radiasi tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. 
BEBERAPA TIPS SEDERHANA BAGAIMANA KITA DAPAT MENGURANGI EFFECT RADIASI hANDPHONE BAGI TUBUH KITA :
1. Sebaiknya saat menggunakan Handphone untuk berkomunikasi dengan orang lain tidak terlampau lama. Gunakan alat tambahan seperti Headset ketika berbincang-bincang di telepon geggam dan usahakan agar Handphone jauh dari tubuh kita. Karena Headset dapat sedikit mengurangi pancaran radiasi Handphone ke tubuh kita meski tidak 100% dapat menghentikan pancran radiasi tersebut. Lebih aman lagi gunakan fasilitas loudspeaker pada HP anda.
2. Sebagai informasi, Handphone pada umumnya memancarka radiasi saat kita menggunakan untuk SMS dan saat kita bicara pada lawan bicara kita. Tetapi, Handphone tidak akan memancarkan radiasi sat lita hanya mendengar lawan bicara kita berbicara pada kita sewaktu digunakan untuk bertelepon.
3. Kalau masih bisa untuk berkomunikasi lewat sms, disarankan jangan menggunakan fasilitas telepon. Karena fasilitas SMS hanya memerlukan energi yang kecil daripada menggunakan fasilitas telepon. Semakin besar energi yang digunakan oleh kita, semakin besar pula radiasi yang kan dipancarkan oleh HP.
4. Usahakan cari lokasi yang terbuka agar sinyal HP kita tidak lemah, apalagi saat kita bertelepon. Karena semakin lemah sinyal, maka radiasi yang dipancarkan kan semakin kuat.
5. Hindari penggunaan cashing tambahan pada Handphpne anda. Jika kita menggunaka cashing tambahan dan kita gunakan untuk telepon maka sinyal akan terperangkap dan Handphone akan memancarkan radiasi yang lebih kuat untuk menemukan sinyal yang stabil.
6. Hindarkan penggunaan HP pada anak-anak, karena otak anak-anak dapat dengan cepat menyerap radiasi yang dipancarkan Handphone daripada orang dewasa.
Beberapa tips diatas mungkin hanya dapat mengurangi penyerapan radiasi pada tubuh kita. Sampai sekarangpun belum ada cara yang tepat untuk mencegah radiasi Handphone tersebut. Maka dari itu, kurangi penggunaan Handphone pada kehidupan sehari-hari,terutama pada anak-anak.



0 komentar:

Posting Komentar