Selasa, 06 Desember 2011

HEMAT ENERGI


Menanggapi issue meningkatnya pemakaian energy, ada pendapat yang setuju dan ada juga yang berpendapat tidak setuju dan mengatakan issue meningkatnya pemakaian sumber energy di Indonesia hanyalah issue politik saja untuk menakut-nakuti masyarakat.Lepas dari segala pandangan yang ada sekarang ini, saya ingin mengajak kita semua untuk ikut mrnumbuhkan kesadaran pada diri kita masing-masing akan betapa pentingnya “Hemat Energi” dalam kehidupan masing-masing dari kita.
Banyak contoh konkret yang dapat membuat mata hati kita terbuka lebar untuk menghemat energy dalam kehidupan kita sehari-hari. Semakin padatnya jalanan dengan antrian kendaraan bermotor  setiap harinya , banyaknya televise pada setiap rumah, dan hal-hal yang terlihat kecil lainnya dapat membuat pemakaian sumber energy di Negara tercinta kita ini akan terus meningkat setiap harinya dan mungkin akan terus meningkat setiap menit. Contoh yang paling sepele adalah penggunaan handphone yang akan memeakan energy banyak saat mengecas, apalagi dengan terus “mencolokkan charger handphone pada stop kontak”.  Tidak usah melihat kehidupan orang lain, dalam kehidupan kita sehari-hari saja sudah banyak contoh yang bias disebut pemborosan pemakaian energy.

Teknologi Sebagai Salahsatu Penyebab Peningkatan Pemakaian Energi
                Melihat perkembangan barang elektronik yang sangat pesat di dunia,semua pasti akan merasa terbantu akan barang-barang penemuan terbaru yang semakin canggih yang akan bekerja dengan adanya listrik. Disisi lain perkembangan tersebut bukan malah membawa dampak positif tetapi akan membawa dampak negative bagi peningkatan penggunaan sumber energy di dunia.
                Perkembangan teknologi terakhir yang sedang melanda harus kita sikapi dengan lebih serius lagi. Sementara para produsen teknologi informasi akan mengatakan bahwa dengan system informasi yang baru kita dapat mengurangi jumlah konsumsi kertas dengan e-newspaper. Dan masih banyak lagi cara untuk mengurangi pemakaian sumber energy yang berlebihan. Sebagai warga Negara yang baik, kita juga harus tanggap dan mampu membuat sebuah prediksi masa ke depan akan konsumsi energy yang meningkat akan membayakan kelangsungan hidup di masa yang akan datang.

0 komentar:

Posting Komentar